Beranda » Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban yang Benar

Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban yang Benar

IMG-20230410-WA0023(1)

Menyembelih hewan kurban harus dilakukan dengan benar. Simak di bawah ini tata cara penyembelihan hewan kurban yang benar.

Penyembelihan hewan kurban merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim pada hari raya Iduladha. Dalam Islam, penyembelihan hewan kurban memiliki makna dan tujuan yang mendalam sebagai wujud pengorbanan, ketakwaan, dan kepedulian sosial terhadap sesama.

Agar ibadah kurban ini dapat dilakukan dengan baik, ada beberapa tata cara yang perlu diikuti. Berikut adalah penjelasan tentang tata cara penyembelihan hewan kurban yang benar.

1. Memilih Hewan Kurban yang Layak
Pertama-tama, sebelum melaksanakan penyembelihan hewan kurban, penting untuk memilih hewan yang layak. Hewan kurban yang ideal adalah hewan yang sehat, tidak cacat fisik, dan memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditentukan dalam agama. Hewan kurban yang umum dipilih adalah domba, kambing, sapi, atau unta.

2. Persiapan Sebelum Penyembelihan
Sebelum memulai proses penyembelihan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan tempat penyembelihan bersih, aman, dan sesuai dengan aturan kesehatan. Juga, pastikan alat-alat yang akan digunakan, seperti pisau tajam, dalam keadaan baik dan bersih.

3. Niat dan Mengucap Bismillah
Sebelum melakukan penyembelihan, niatkan dalam hati untuk melakukan ibadah kurban sesuai dengan ketentuan agama. Kemudian, pada saat memulai penyembelihan, ucapkanlah “Bismillah, Allahu Akbar” yang artinya “Dengan nama Allah, Allah Maha Besar”.

4. Prosedur Penyembelihan
Saat melakukan penyembelihan, ada beberapa prosedur yang perlu diikuti. Pertama, pastikan hewan berada dalam posisi yang nyaman dan stabil. Kemudian, arahkan pisau ke leher hewan dan lakukan sayatan dengan cepat dan tajam pada urat leher dan tenggorokan. Pastikan sayatan mencapai jantung untuk memastikan hewan kurban mati dengan cepat dan tidak menderita.

5. Penanganan Daging dan Bagian Hewan Kurban
Setelah penyembelihan, daging hewan kurban harus ditangani dengan baik. Pisahkan daging menjadi bagian-bagian tertentu sesuai dengan kebiasaan masyarakat dan tradisi lokal. Bagian-bagian hewan kurban tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk dimasak, dibagikan kepada fakir miskin, dan lain sebagainya.

6. Pemeliharaan Kebersihan dan Kesehatan
Setelah penyembelihan selesai, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Bersihkan area penyembelihan dengan baik dan pastikan semua sisa-sisa hewan kurban dibersihkan dengan benar. Hindari kontak langsung dengan darah atau jaringan hewan yang mungkin terkontaminasi. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah menangani daging kurban.

7. Berbagi dan Peduli Sosial
Selain sebagai ibadah, penyembelihan hewan kurban juga memiliki dimensi sosial yang penting. Salah satu tujuan dari penyembelihan hewan kurban adalah untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Bagikan sebagian dari daging kurban kepada keluarga, tetangga, dan yang membutuhkan. Ini merupakan tindakan kepedulian dan solidaritas sosial yang dianjurkan dalam agama Islam.

Doa Menyembelih Hewan Kurban, Arab, Latin Beserta Artinya untuk Idul Adha 2023

Tata cara penyembelihan hewan kurban di atas mencerminkan praktik yang benar sesuai dengan ajaran agama. Dalam melaksanakan ibadah kurban, penting untuk memahami dan mengikuti prosedur yang sesuai agar tujuan ibadah dapat tercapai dengan baik. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tata cara penyembelihan hewan kurban dan mendorong pelaksanaannya yang benar dan bermakna.

Momentum Idul Adha tidak terlepas dari penyembelihan hewan kurban. Berikut ini doa menyembelih hewan kurban arab, latin beserta artinya, yang dibacakan sebelum penyembelihan.

Penyembelihan hewan kurban tidak dapat dilakukan secara sembarangan dan telah diatur sedemikian rupa dalam syariat Islam. Mulai dari waktu pelaksanaan, tempat penyembelihan hingga jenis hewan yang akan disembelih.

Adapun jenis hewan kurban yang disembelih dalam syariat Islam adalah kambing, sapi, dan unta. Penyembelihan dilakukan usai menunaikan ibadah salat Idul Adha mulai dari 10 sampai 13 Zulhijah.

Tidak hanya itu, penyembelihan hewan kurban diutamakan untuk dilakukan oleh shahibul qurban atau orang yang berkurban pihak laki-laki. Namun bila shahibul qurban tidak mampu melakukan penyembelihan hewan kurban sendiri, maka bisa diwakilkan kepada orang lain yang mampu.

Ketika hendak menyembelih hewan kurban ada etika dan tata cara yang harus diperhatikan yaitu menggunakan pisau yang tajam, menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat, menarik nafas yang panjang, dan membaca urutan doa sebagai berikut.

Membaca Bismillah

Lafaz Arab

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Arab Latin : bismillahirrahmanirrahim

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.”

Membaca Shalawat Nabi Muhammad SAW

Lafaz Arab
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Latin Arab : Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad.

Artinya : “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

Membaca Takbir Tiga Kali dan Tahmid Sekali

Lafaz Arab

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Latin Arab : Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhilhamd

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

Membaca Doa Menyembelih Hewan Kurban

Doa Menyembelih Hewan Kurban Sendiri
Lafaz Arab

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ
Arab Latin : Allahumma hâdzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim

Artinya : “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Doa Menyembelih Hewan Kurban Orang Lain
Lafaz Arab

(….) بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنْ

Arab Latin : Bismillah wallahu akbar. Allahumma minka wa ilaika, fataqabbal min (ucapkan nama pemilik hewan kurban)

Artinya: “Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah, kurban ini dari-Mu dan untuk-Mu, terimalah kurban (nama pemilik hewan kurban).

Doa Menyembelih Hewan Kurban 7 Orang
Lafaz Arab

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِن… يَا كَرِيْمُ

Latin Arab : Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal min (ucapkan nama ke-7 pemilik hewan kurban) yâ karîm

Artinya : “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini kami bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada-Mu. Karenanya Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub kami.”

Selain itu, bisa juga membaca penggalan ayat dari Al Baqarah ayat 127 untuk menyembelih hewan kurban tujuh orang berikut ini :

Lafaz Arab

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Arab Latin : Rabbanaa taqabbal minnaa, innaka antas-samii’ul ‘aliim

Artinya: “Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Demikian doa menyembelih hewan kurban untuk diri sendiri, orang lain dan untuk tujuh orang. Adapun untuk poin membaca takbir dan tahmid bisa dibaca sebelum mengucapkan bismillah pada poin pertama.

Tinggalkan Balasan