Beranda » Perplexity AI Pasti Lebih Canggih, Google Bertenaga Chat GPT

Perplexity AI Pasti Lebih Canggih, Google Bertenaga Chat GPT

ai 000000

Perplexity AI Apakah Google Bertenaga Chat GPT..

Image

Hola Bestie, Kalian pasti sudah sering bukan mendengar ChatGPT dan mesin pencarian seperti Google. Kedua tools ini sangat membantu dalam penyampaian informasi, terlebih lagi chatGPT yang saat ini tengah menjadi sorotan publik karena kemampuannya menghasilkan respons yang kompleks. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas Perplexity AI yang memadukan respon layaknya chatGPT dengan paduan mesin pencarian seperti Google. Apakah akan menjadi pesaing baru Google? Dan apa saja fitur yang disajikan sehingga banyak yang berasumsi Perplexity akan mampu menjadi pesaing baru Google? Langsung saja, mari kita bahas.

Apa itu Perplexity AI ?

Perplexity AI adalah alat obrolan atau chat tool AI baru yang bekerja sebagai mesin pencari informasi yang bisa diandalkan. Saat pengguna memasukkan pertanyaan, alat ini akan menjelajahi internet untuk memberikan jawaban. Hebatnya lagi, alat ini mampu menampilkan sumber informasi dari mana jawaban tersebut didapatkan.

Dilansir dari laman LinkedIn resminya, Perplexity AI dideskripsikan secara sederhana sebagai mesin jawaban yang bertujuan memberikan jawaban akurat atas pertanyaan yang diberikan dengan menggunakan model bahasa. 

Situs web ini memiliki tampilan yang mirip dengan Google, dengan kolom pencarian di bagian tengah. Keunggulan yang dimiliki oleh Perplexity AI adalah kemampuannya untuk memberikan informasi secara real-time.

Perplexity AI merupakan answer engine yang memberikan jawaban-jawaban akurat untuk pertanyaan yang kompleks dengan menggunakan Large Language Modal (LLM). Dalam hal penyajian informasi, Perplexity hadir dengan konsep chatbot yang mirip dengan chatGPT. Perplexity dirancang secara khusus agar dapat memberikan informasi yang ringkas dari banyak sumber sesuai dengan fakta. Pada tampilan awal laman yang didesain cukup simple dan mudah dipahami ini, terdapat sebuah disclaimer agar pengguna tidak memasukkan informasi pribadi karena Perplexity tidak bertanggung jawab atas konten yang dihasilkan.

Perplexity versi Beta telah dirilis sejak Desember tahun lalu, dengan beberapa perubahan dan tambahan fitur hingga akhirnya resmi dirilis pada Januari tahun ini. Tool ini memberikan kemudahan dalam pencarian sumber informasi berdasarkan situs yang ada di internet dan juga dengan adanya Bird SQL membuat pengguna dapat melakukan pencarian dengan cepat berdasarkan informasi yang ada di twitter.

[Update Februari] Perplexity AI telah tersedia dalam ekstensi chrome.

Screenshot-2023-02-01-073832.png
Screenshot-2023-02-01-064324.png

Apa Kelebihan Perplexity AI?

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Perplexity AI :

  • Tidak perlu login untuk menggunakannya.
  • Terdapat citation atau catatan kaki yang menunjukkan dari mana hasil informasi tersebut didapatkan. Hal ini membuat setiap jawaban yang disajikan menjadi lebih terpercaya.
  • Dapat digunakan sebagai alat baru untuk membantu penelitian. Jika informasi yang didapat tidak benar, maka Anda dapat langsung membuka tautan yang ada untuk memeriksa kebenaran nya.
  • Dapat meringkas informasi yang berasal dari banyak sumber dalam bentuk kalimat yang mudah dipahami.
  • Mencari informasi yang ada di twitter dengan cepat.
  • Adanya source code ketika melakukan pencarian melalui Bird SQL yang menunjukkan bagaimana hasil tersebut di dapat.

Bagaimana cara menggunakan Perplexity AI?

Penggunaanya cukup sederhana, ketik pertanyaan Anda pada bilah pencarian yang bertuliskan “ask me anything”. Dan untuk mencari informasi berdasarkan twitter, klik bagian Bird SQL. Meskipun belum tersedia dalam berbagai bahasa, ketika Anda melakukan pencarian dalam bahasa Indonesia misalnya, maka hasil yang ditampilkan umumnya akan kembali dengan bahasa yang digunakan dalam pencarian. 

Kesimpulan

Teknologi hadir memudahkan kehidupan manusia. Banyak teknologi baru muncul untuk melengkapi maupun menjadi alat baru dengan fitur yang sebelumnya belum ada pada produk teknologi lainnya seperti Google. Sama halnya dengan AI tools yang mulai banyak hadir saat ini, semua bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia di berbagai bidang. Sebagai salah satu produk AI, Perplexity AI memberikan kemudahan dalam menjawab maupun membantu menemukan informasi yang ditanyakan oleh pengguna dengan cepat dan singkat dari berbagai sumber. Hal tersebut akan sangat membantu pengguna dalam hal efisiensi waktu dan meningkatkan produktivitas dengan infomasi yang akurat dan terpercaya.

Contoh Aplikasi Perplexity AI dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan atau aplikasi mesin pencari Perplexity AI:

  • Menemukan instruksi untuk melakukan suatu pekerjaan, langkah demi langkah.
  • Mencari arti atau makna dari sebuah istilah.
  • Mencari tahu jam buka atau jam operasional sebuah tempat.
  • Mencari ramalan cuaca.

Perplexity AI vs Chat GPT

Sama-sama menggunakan AI sebagai kekuatan utama di balik kemampuan intelegensinya, maka perbandingan antara Perplexity AI dan Chat GPT tidak bisa dihindari. Meskipun mirip, kedua tools ini memiliki beberapa perbedaan. 

Chat GPT merupakan model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini menggunakan deep learning untuk menghasilkan teks seperti yang dilakukan manusia. Ini adalah sebuah model machine learning yang kompleks dan mampu melakukan tugas NLG (Natural Language Generation) dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Sedangkan, Perplexity AI adalah sebuah mesin yang memungkinkan kamu untuk mengajukan berbagai pertanyaan untuk memenuhi rasa ingin tahumu. Alat ini merupakan metrik yang digunakan untuk mengevaluasi model bahasa.

Dari definisi singkat tersebut, terlihat bahwa kedua tools ini cukup berbeda. Dalam hal ini, perbedaan Perplexity AI dan Chat GPT adalah Chat GPT merupakan model bahasa, sementara Perplexity AI merupakan gabungan dari Chat GPT dan mesin pencari Google. Dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan, Perplexity melakukan penjelajahan internet dan mengambil jawaban dari sumber-sumber tertentu.

Itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu Perplexity AI, kelebihan hingga manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan