Ming. Nov 27th, 2022

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2022 ini dilaporkan mencapai 210 juta jiwa. Dari jumlah ini, mayoritas pengguna mengakses internet lewat ponsel untuk membuka media sosial. Hal tersebut terungkap dalam laporan terbaru bertajuk “Profil Internet Indonesia 2022” yang dirilis oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) baru-baru ini.

Dalam laporan tersebut, APJII mengumpulkan data melalui survei dan wawancara kepada 7.568 responden (berusia 13-55 ke atas) sejak 11 Januari 2022 hingga 24 Februari 2022. Berdasarkan laporan APJII, total jumlah penduduk Indonesia saat ini diestimasikan mencapai 272,68 juta jiwa pada tahun 2021. Ini artinya, angka penetrasi internet di Indonesia pada periode 2021 hingga kuartal I-2022 ini mencapai 77,02 persen.

Saat Ini Angka penetrasi internet tersebut meningkat dari awal 2019 hingga kuartal II-2020 sebelumnya yang sebesar 73,7 persen. Pada periode tersebut, masyarakat Indonesia yang sudah terhubung dengan internet dilaporkan mencapai 196,71 juta jiwa. Pada 2018, jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 171,17 juta, dengan penetrasi hanya sebesar 64,8 persen Penetrasi internet berdasarkan umur Survei yang dilakukan APJII juga melihat penetrasi internet di Indonesia berdasarkan umur pengguna yang disurvei. Dari kelompok pengguna usia 13-18 tahun, sebanyak 99,16 persen sudah mengenal dan terhubung dengan internet.

Selanjutnya, di kelompok usia 19-34 tahun sebanyak 98,64 persen sudah terhubung internet. Adaphn di kelompok usia 35-54 tahun angkanya lebih sedikit yakni 87,3 persen, serta kelompok usia 55 tahun ke atas dengan angka 51,73 persen. Yang menarik, laporan APJII mengungkapkan, angka penetrasi internet anak-anak usia 5-12 tahun mencapai sebesar 62,43 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok usia 55 tahun ke atas.

HP jadi perangkat favorit Perilaku pengguna internet Indonesia pada periode 2021 hingga kuartal I-2022. Lihat Foto Perilaku pengguna internet Indonesia pada periode 2021 hingga kuartal I-2022.(APJII) APJII mengungkapkan bahwa pengguna internet Indonesia mayoritas atau sebanyak 89,03 persen mengakses internet dengan perangkat ponsel atau tablet.

Sementara hanya 0,73 persen yang mengakses lewat komputer atau laptop. Sedangkan, pengguna yang mengakses internet melalui ponsel/tablet sekaligus komputer/laptop adalah sebanyak 10,24 persen.

Mayoritas atau sebanyak 77,64 persen pengguna tercatat menggunakan mobile data dari operator seluler ketika terhubung ke internet. Sisanya, terhubung ke internet melalui koneksi WiFi rumah (20,61 persen), WiFi ruang publik (0,96 persen), dan WiFi kantor/sekolah (0,61 persen).

Begini Sejarah Singkat Internet Masa Lalu

Internet memudahkan manusia dalam menemukan informasi dan solusi di berbagai aspek kehidupan.

Kehadiran internet memberikan dampak positif jika digunakan dengan baik dan sesuai kebutuhan.

Sebagai pengguna yang baik, Anda juga harus mengetahui sejarah singkat internet dan perkembanganya hingga bisa dinikmati dengan mudah seperti sekarang.

Apa Itu Internet?

Internet merupakan jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan suatu media elektronik dengan media elektronik lainnya.

Cikal bakal internet dibentuk melalui proyek ARPANET singkatan dari Advenced Research Project Agency oleh Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969.

Internet didukung dengan standar teknologi yaitu Transmission Control Protocol atau yang disebut dengan TCP.

Transmission Control Protocol atau TCP merupakan protokol untuk pertukaran paket yang dapat digunakan untuk pengguna yang ada di seluruh dunia.

Dalam internet juga terdapat istilah internetworking yang merupakan cara untuk menghubungkan rangkaian internet dan menerapkan aturan yang sudah ada.

Hingga saat ini, internet sudah banyak digunakan untuk berbagai aspek kehidupan.

Berbagai perusahaan, perkantoran, sekolah, rumah sakit, hotel dan tempat khusus lain menggunakan jaringan internet ini untuk memudahkan dalam melakukan aktivitas.

Namun, Anda juga harus mengetahui sejarah singkat internet dunia hingga dapat dinikmati sampai saat ini.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa penjelasan yang berbeda mengenai pengertian internet dari beberapa ahli, berikut penjelasannya.

1. O’Brien

Pengertian internet menurut O’Brien adalah jaringan komputer yang berkembang dengan cepat.

Jaringan internet tersebut bisa berdampak pada dunia bisnis, pendidikan sampai pemerintahan.

2. Onno W. Purbo

Onno W. Purbo memberikan pengertian bahwa internet merupakan media yang memungkinkan komunikasi bisa berjalan lebih efisien dengan berbagai aplikasi.

3. Allan

Menurut Allan, internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan lainnya  serta memiliki kemampuan membaca dan menguraikan alamat IP dan TCP.

4. Sarwono

Penjelasan internet menurut Sarwono, internet merupakan sekumpulan jaringan di seluruh dunia sehingga tidak ada seorangpun yang bertanggung jawab atas jaringan internet tersebut.

5. Strauss, El-Ansary dan Frost

Strauss, El-Ansary dan Frost menjelaskan bahwa internet adalah kumpulan komputer yang terhubung dengan jaringan.

6. Berners Lee

Berners Lee menjelaskan internet terdiri dari beberapa jaringan yang menjadi satu.

Penjelasan tersebut menjelaskan bahwa satu jaringan komputer yang saling terhubung dengan jaringan lokal lainnya.

Nah bagaimana sudah faham mengenai pengertian internet dari beberapa ahli diatas?

Jika sudah agar lebih mendalami internet Anda bisa melanjutkan membaca mengenai perkembangan internet.

Sejarah Perkembangan Internet

Perkembangan Arpanet di Dunia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya Internet merupakan proyek ARPANET, apa kepanjangan dari arpanet?

Anda bisa membaca melalui pragraf sebelumnya, yaitu jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat pada tahun 1969.

Departemen Pertahanan AS mendemostrasikan hardware dan software untuk komputer dengan menggunakan UNIX. Sehingga dapat berkomunikasi dengan jarak jauh menggunakan saluran telepon.

Proyek ARPANET dirancang dengan jaringan yang handal dan menyimpan informasi yang dapat dipindahkan.

Dari proyek ARPANET tersebut menjadi misi dan ide pembangunan protokol baru sebagai cikal bakal munculnya jaringan transmission control protocol yang digunakan untuk internet.

Sejarah singkat internet diawali dengan pembangunan proyek ARPANET awalnya hanya untuk keperluan militer.

Pada saat itu, Departemen Pertahanan AS membuat sistem jaringan untuk komputer dan disebarkan dengan cara menghubungkan komputer di berbagai daerah yang rentan atau kritis.

Adanya jaringan tersebut bertujuan untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan atau gangguan nuklir dari lawan.

Sistem jaringan komputer juga digunakan untuk menghindari adanya informasi terpusat yang tidak diketahui oleh seluruh anggota.

Sehingga saat terjadi perang atau serangan, dapat diatasi dan dihadapi dengan mudah dan siap dihancurkan.

Pada awalnya, proyek ARPANET menghubungkan hanya empat situs saja. Empat situs tersebut membangun satu jaringan yang terpadu pada tahun 1969.

Dari empat situs yang terhubung yaitu Stanford Research Institute, Santa Barbara, University of California, dan University of Utah.

Proyek ARPANET diumumkan pada bulan Oktober tahun 1972 secara resmi. Masa tersebut bisa juga disebut sebagai tahun web dibuat pertama.

Sejarah Internet Dunia

Setelah pengumuman proyek tersebut, ARPANET mulai berkembang dengan pesat di berbagai daerah dan universitas di Amerika Serikat.

Karena banyaknya daerah atau institusi yang ingin bergabung dengan sistem jaringan tersebut membuat ARPANET kesulitan untuk mengatur jaringan agar dapat digunakan dengan baik. Oleh karena itu, ARPANET dibagi menjadi dua yaitu ARPANET dan MILNET.

ARPANET digunakan untuk keperluan non militer secara eksternal pada daerah atau institusi yang membutuhkan. MILNET digunakan untuk keperluan militer secara internal.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan yang semakin tinggi, kedua jaringan tersebut digabungkan kembali dengan nama DARPA Internet.

Dari nama tersebut disederhanakan kembali agar mudah dikenal yaitu Internet.

Dalam catatatn sejarah singkat perkembangan internet terdapat kejadian penting yang terjadi. Pada tahun 1957, negera Uni Soviet yang sekarang menjadi Rusia meluncurkan Sputnik yaitu wahana luar angkasa.

Akhirnya pada tahun 1958, Amerika Serikat juga meluncutkan wahana luar angkasa dengan sasarannya yaitu teknologi komputer.

Wahana luar angkasa tersebut bertujuan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta teknologi di Amerika Serikat.

Hingga tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk proyek ARPANET yang menjadi sejarah dimulainya perkembangan internet sampai saat ini.

Pada tahun 1965, sistem jaringan internet Hypertext dikeluarkan oleh Ted Nelson. Dan pada tahu 1968 disusul dengan jaringan Tymnet.

Anggota ARPANET menjadi 23 node komputer yang terdiri dari komputer untuk universitas atau institusi dan untuk riset pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1971.

Satu tahun berikutnya, International Network Working Group atau INWG dibentuk untuk meningkatkan teknologi sistem jaringan internet.

Kelompok kerja ini dapat membuat standar yang digunakan untuk jaringan komputer dan internet. Kelompok INWG pertama kali melakukan pertemuan dan Vint Cert ditugaskan sebagai pembicara pertama.

Sehingga Vint Cert dikenal sebagai Bapak Internet hingga sekarang.

ARPANET mulai melayani beberapa layanan basis data untuk komersial seperti Lexis, SDC Orbit, Dialog, The New York Times Data Bank, dan sebagainya melalui jaringan dial Up.

Pada tahun 1973, universitas terkenal di Amerika yaitu University College of London dan Inggris serta Royal Radar Establishment dari Noewrgia bergabung dengan ARPANET.

Bagaimana TCP Bekerja

Untuk memperluas jaringan internet, Bapak Internet dan Bob Kahn memberikan spesifikasi secara detail akan TCP dalam sebuah artikel yang berjudul A Protocol for Packet Network Interconnection.

ARPANET bekerja sama dengan Beranet dan Newman membuka jaringan internet untuk versi komersial yang disebut dengan Telnet atau layanan paket data publik yang pertama.

Hingga tahun 1977, ARPANET sudah mempunyai 111 komputer yang terhubung. Sehingga TCP dibagi menjadi dua yaitu TCP atau Transmission Control Protocol dan IP atau Internet Protocol.

Sejarah internet pada awal tahun 1980 dimulai dengan komputer pribadi atau PC yang mulai banyak digunakan.

ARPANET sudah mempunyai 213 jaringan komputer yang terhubung sehingga layanan untuk BITNET mulai dibuka.

BITNET menyediakan layanan email, list, mailing, dan file transfer protokol. Pakar Ilmuan juga membuat CSNET yang merupakan jaringan untuk menyediakan layanan email dan lainya untuk universitas tanpa harus mengakses ARPANET lagi.

Pada tahun 1982 Internet dikembangkan dengan TCP dan IP yang digunakan sebagai protokol. Semua yang mengakses internet tidak perlu mengakses ARPANET lagi.

Sehingga pada tahun 1986 mulai dikenalkan sistem nama domain yang dikenal dengan DNS. Domain Name System tersebut berfungsi untuk menyamakan sistem nama alamat pada jaringan komputer atau internet.

Dari sejarah singkat internet tersebut, hingga saat ini Anda dapat menggunakan internet tanpa batas dengan kecepatan yang tinggi.

Seiring berjalanya waktu, internet mulai banyak digunakan oleh beberapa negara di dunia. Berawal dari adanya media online luar negeri pada tahun 1990.

Koran pertama Amerika dikeluarkan oleh Chicago Tribune hingga masuk ke Indonesia.

Sehingga membuat jurnalisme online muncul pada tahun 1996.

Sejarah Perkembangan Internet Indonesia

Jumlah Pengguna Internet Indonesia. Perkembangan internet di indonesia secara singkat

Pada saat itu, Indonesia hanya menggunakan media koran saja. Pada tahun 1997, Kompas mengeluarkan berita secara online.

Karena saat itu perusahaan media ingin mengikuti perkembangan teknologi.

Pada tahun 2000, muncul berita online dan beberapa blog lain yang saling memberikan informasi atau produk terbaru dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Sejarah perkembangan internet secara singkat di Indonesia dimulai pada tahun 2000an.

Pada tahun tersebut muncul portal online yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam mengakses berita online.

Terutama untuk para pekerja yang membutuhkan informasi atau berita terbaru.

Hingga akhirnya seiring dengan kemajuan teknologi, internet di Indonesia mulai berkembang dan banyak digunakan di semua aspek kehidupan.

(Visited 1 times, 1 visits today)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »