Beranda » Peluang Bisnis Coffee Shop

Peluang Bisnis Coffee Shop

kopi

Jakarta, KanalData.Com 2023 -Bisnis coffee shop negitu digemari dan menjadi salah satu bisnis populer dalam beberapa tahun terakhir. Banyak dari pelaku bisnis ini, merupakan kalangan anak muda. 

Ada banyak alasan yang membuat bisnis coffee shop begitu digemari. Budaya minum kopi jadi sebuah kebiasaan yang semakin digandrungi masyarakat salah satunya. Bahkan, bagi mereka yang tidak terlalu menggemari minuman kopi, kerap berkunjung ke coffee shop untuk menikmati varian minuman lain. 

Pilihan kopi yang begitu beragam ditambah dengan kelengkapan menu non-coffee makin membuat para pebisnis yakin akan prospek dari jenis bisnis minuman ini.

Coffee shop sendiri adalah sebuah tempat yang menjual berbagai minuman, baik kopi maupun bukan kopi. Selain itu, tempat ini juga kerap dijadikan titik temu dan tempat bekerja bagi para pekerja.

Namun, tak seindah ceritanya, terdapat banyak tantangan bisnis ini. Menyadur vocasia, berikut ini adalah kelebihan dan tantangan dalam bisnis coffee shop.

Kelebihan

Dengan pemain yang begitu beragam, bisnis coffee shop tentu memiliki banyak kelebihan yang membuatnya lebih menarik dibandingkan bisnis kuliner lainseperti :

  1. Punya target pasar yang luas
    Kopi adalah minuman yang memiliki penggemar dari berbagai rentang usia. Saat ini, karena sudah membudaya, baik kawula muda maupun tua, hampir bisa menjadi penikmat kopi. Bahkan, mereka yang tidak terlalu menggemari kopi sekalipun bisa nongkrong di coffee shop untuk sekadar bersantai atau mengobrol. Dengan demikian, bisnis ini pun memiliki prospek bagus. 
  2. Tak perlu tempat luas
    Istilah coffee shop juga mengacu kepada area yang tak harus luas. Warung kopi di Indonesia bahkan sudah lebih dulu membudaya dengan berbagai macam jenis kopi instan beragam rasa. Selain itu, tipikal minuman kopi yang bisa dibeli dengan sistem take away pun semakin memungkinkan coffee shop menguntungkan, meski tak punya lahan besar untuk gerai.
  3. Menu relatif mudah dibuat
    Coffee shop jelas menghadirkan kopi sebagai minuman utamanya. Meski begitu, teknik pembuatan dan ragam menu kopi bisa dibuat dengan relatif mudah, bahkan bisa dipelajari dalam waktu yang cukup singkat.
  4. Omzet yang besar
    Dengan segmen pembeli yang cukup luas, coffee shop menjanjikan omzet penjualan yang besar dan menguntungkan. Apalagi, bila sebelumnya nama jenama kopi kita sudah viral di media sosial, punya nilai tambah yang unik, ditambah area nongkrong yang memadai dan instagramable, sudah tentu coffee shop kita akan mendatangkan keuntungan.

Tantangan

  1. Meski memiliki banyak kelebihan, bisnis coffee shop juga punya tantangan yang tidak boleh diremehkan, seperti:
  2. Banyak kompetitor
    Karena popularitasnya, bisnis ini juga menjadi incaran banyak pebisnis. Dengan demikian, saat membuka coffee shop, kita harus memperhitungkan keunggulan para kompetitor sekaligus kelemahannya agar bisnis Anda mampu bersaing dan terus berinovasi ke depan. 
  3. Kualitas kopi
    Sesuai namanya, coffee shop sudah pasti kualitas dan rasa kopi menjadi faktor yang penting. Hal ini juga bisa jadi penentu coffee shop yang kita miliki bisa disukai atau tidak oleh para pelanggan, apalagi mereka yang benar-benar penikmat kopi dan memiliki pengetahuan seputar kopi (coffee snob).
  4. Variasi menu
    Dengan kualitas yang dimiliki coffee shop, variasi menu bisa jadi penentu coffee shop kita disukai, bahkan oleh mereka yang bukan sekadar penikmat kopi. Jangan sampai pembeli memilih bepindah ke tempat tempat lain hanya karena keterbatasan menu di coffee shop Anda.
  5. Kejelasan model bisnis
    Banyak sekali bisnis coffee shop yang gagal hanya karena konsep dan model bisnis yang tidak terlalu matang saat mendirikannya. Hal ini merupakan syarat penting saat kita mau mendirikan sebuah coffee shop, karena akan menjadi acuan bagi arah bisnis ini di masa depan.
  6. Pelayanan dan manajemen yang buruk
    Kedua hal ini adalah faktor kunci juga dalam bisnis coffee shop. Seperti bisnis Food & Beverages (F&B) pada umumnya, pelayanan akan sangat berpengaruh pada kenyamanan pelanggan. Sementara manajemen akan menentukan sukses atau tidaknya pengelolaan bisnis yang kita lakukan.
  7. Demikianlah sejumlah kelebihan dan tantangan dalam membuka bisnis coffee shop. Semoga bermanfaat!.

Tinggalkan Balasan