Sel. Nov 29th, 2022

Jakarta, Kanal Data –Pagi tadi (12/8) Tiktok Indonesia meluncurkan program #MajuBarengTiktok. Acara ini bertepatan dengan Hari UMKM Nasional dan didukung oleh Kementrian Ekonomi Kreatif, dengan harapan bisa meningkatkan jumlah UMKM yang melakukan digitalisasi.  Program ini merupakan rangkaian kegiatan #SerunyaIndonesia yang dilakukan oleh TikTok Indonesia untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia. #MajuBarengTiktok tahun ini merupakan kegiatan kedua setelah tahun sebelumnya sukses dilaksanakan pada tahun 2021 dengan 5000 peserta.

Program #MajuBarengTikTok sejalan dengan salah satu prioritas pemerintah untuk membawa 30 juta pelaku UMKM ke platform lokapasar pada tahun 2023 mendatang. “Di era digital, para pelaku UMKM diharapkan bukan hanya masuk ke platform digital, tapi juga bisa aktif memanfaatkan kekuatan yang ditawarkan platform digital. Hal ini sejalan dengan salah satu pilar yang kami usung, yaitu Gaspol (Garap Semua Potensi Online).

Program pelatihan selama hampir satu tahun yang disajikan di #MajuBarengTikTok diharapkan dapat membekali para UMKM dengan kemampuan dan keterampilan digital untuk memaksimalkan potensi online dari ekosistem TikTok,” ujar Martini M Paham, Direktur Komunikasi Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Republik Indonesia.

Program #MajuBarengTikTok yang bertujuan agar UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnisnya ini, akan berlangsung sepanjang tahun. Program ini akan dibagi ke dalam berbagai periode, serta tersedia dalam format online dan offline di berbagai kota di Indonesia agar memiliki cakupan nasional.

Topik yang akan dibagikan dalam program tahun ini meliputi tiga fokus, yaitu TikTok LIVE dan kolaborasi bersama kreator, TikTok Shop untuk mengembangkan performa penjualan, serta TikTok For Business untuk membantu UMKM menjangkau target audiens melalui strategi pemasaran dan cara beriklan tepat guna di TikTok. Pendaftaran program #MajuBarengTikTok resmi dibuka pada hari ini (12/8) dan dapat diikuti oleh UMKM di Indonesia secara gratis, tanpa ada syarat apapun. Kelas pertama

MajuBarengTikTok akan dimulai pada bulan September 2022.

“Program #MajuBarengTikTok dirancang untuk membantu pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan sumber daya dari ekosistem TikTok untuk mengembangkan usaha mereka secara optimal, mulai dari TikTok LIVE, TikTok Shop, hingga TikTok For Business,” ujar Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

Selain mendapatkan materi, UMKM yang mengikuti #MajuBarengTiktok memiliki kesempatan untuk bertemu dan berkolaborasi dengan kreator, penguna, ataupun sesama seller. Ini menjadi kesempatan emas, karena UMKM bisa saling bercerita dan mendapatkan solusi dari masalah yang mereka hadapi, karena akan bertemu dengan UMKM yang sudah sukses. Salah satunya adalah Arbert yang mengikuti #MajuBarengTikTok 2021 yang sekarang usahanya sudah sangat berkembang.

“Pertama kenal TikTok pada saat 2021, dimana saat itu kondisi COVID-19 masih marak dan dengan keadaan ekonomi masih lesu terutama untuk pelaku UMKM. Saat itu saya bergabung dalam program training #MajuBarengTikTok yang membantu saya mengunakan platform digital TikTok untuk mengembangkan bisnis. Berbagai tips yang diberikan dari program ini membantu saya memanfaatkan fitur-fitur TikTok, yang akhirnya memudahkan saya sebagai brand UMKM dalam menampilkan image produk di suatu platform digital.

Berkat TikTok, tim saya berawal hanya dari 10 orang, sekarang sudah mencapai 40 orang. Saya pun berkesempatan membuat dua brand baru. Saya sangat senang program #MajuBarengTikTok kembali hadir di tahun ini, sehingga para pelaku UMKM bisa mendapat pengetahuan baru dan manfaat nyata yang saya rasakan, serta bisa membuat dunia usaha Indonesia semakin maju,” ujar Arbert, Owner, Bio Herbal, salah satu pelaku UMKM di TikTok yang berhasil mengalami peningkatan bisnis hingga 70% sejak pertama bergabung di TikTok tahun 2021.

Untuk Anda yang tertarik mengikuti program #MajuBarengTikTok Seperti Yang Di Kutip Dari Daily sosial,(Nina, KD)

(Visited 5 times, 1 visits today)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »