Beranda » Kolaborasi Strategis Universitas Sahid (USAHID) dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI)

Kolaborasi Strategis Universitas Sahid (USAHID) dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI)

Foto-Berita-93

 Kolaborasi Strategis Universitas Sahid (USAHID) dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI)


Pada Rabu, 24 Januari 2024, Universitas Sahid (USAHID) dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) meresmikan kolaborasi melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dalam Tridarma Perguruan Tinggi. Acara ini dihadiri oleh Rektor USAHID Dr. Marlinda Irwanti Poernomo dan Ketua Umum KOWANI Dr.Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., bertempat di Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Medan Merdeka.
Raker KOWANI 2024: Memperkuat Organisasi Perempuan Menuju Indonesia Maju
Rapat Kerja (Raker) KOWANI 2024, dengan tema “Memperkuat Organisasi Perempuan Sebagai Ibu Bangsa yang Mandiri, Berkualitas, Menuju Indonesia Maju,” dihadiri oleh Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, SE., M.Si. Representatif dari USAHID, Ketua Satgas PPKS Dr. Dessy Sunarsi dan Sekretaris Satgas PPKS Sri Nursanti turut ambil bagian.
Ruang Lingkup MOU: Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat
MOU yang ditandatangani mencakup kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini disinergikan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Implementasi MOU akan terwujud melalui berbagai kegiatan seperti penelitian bersama, kajian gender & anak, seminar narasumber, dosen tamu, bantuan hukum, dan kajian lebih lanjut bagi anggota KOWANI.
Program Unggulan KOWANI: Gerakan Ibu Bangsa Mendorong Kepemimpinan Perempuan
KOWANI, federasi yang mewadahi 103 organisasi dan 90 juta anggota perempuan di Indonesia, telah berhasil menjalankan program kerja unggulan selama 4 tahun kepengurusan. Salah satu fokus utama adalah Gerakan Ibu Bangsa Mendorong Kepemimpinan Perempuan, yang diakui sebagai keberhasilan dengan Dr. Marlinda Irwanti Poernomo menjadi Rektor USAHID.
Satgas PPKS USAHID: Langkah Tangguh dalam Anti Kekerasan
Rektor USAHID dan Ketua KOWANI, Dr. Marlinda Irwanti Poernomo, SE, M.Si, memaparkan tentang Satuan Tugas Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) USAHID. Dikukuhkan pada 11 Januari 2024, Satgas ini menjadi langkah konkret dalam mendukung program anti kekerasan pada perempuan dan anak.
Dukungan Pihak Terkait: Menteri PPPA, Kemendikbud, dan LLDIKTI Wilayah III
Menteri PPPA RI dan Kemendikbud RI memberikan dukungan penuh terhadap terbentuknya Satgas PPKS USAHID. Perwakilan dari LLDIKTI wilayah III, Renakta POLDA Metro Jaya, DPPAPP DKI Jakarta, Pusat Pengatan Karakter (Puspeka), Yayasan Pulih, dan Ketua Satgas PPKS UNJ turut hadir dalam acara tersebut.
Tujuan Bersama: Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Melalui kolaborasi ini, KOWANI dan USAHID memiliki tujuan bersama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai semangat Ibu Bangsa. Program beasiswa dan kerja sama dengan mitra pendidikan serta duta negara sahabat menjadi langkah penting dalam mendukung visi ini.

Tinggalkan Balasan