Beranda » Kepala Desa Talok, Agus Harianto : Pengesahan RUU Desa Membawa Perubahan Positif bagi Kesejahteraan Desa

Kepala Desa Talok, Agus Harianto : Pengesahan RUU Desa Membawa Perubahan Positif bagi Kesejahteraan Desa

IMG-20240407-WA0003

Kepala Desa Talok, Agus Harianto : Pengesahan RUU Desa Membawa Perubahan Positif bagi Kesejahteraan Desa


Talok, KanalData.Com 2024 – Kepala Desa Talok, Agus Harianto, S.H., dengan penuh sukacita mengumumkan pengesahan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Perubahan ini membawa dampak positif bagi kesejahteraan dan kemajuan Desa Talok serta seluruh desa di Indonesia.

Penegasan Kedudukan, Hak, dan Kewenangan Desa: Melalui perubahan Pasal 4b, kewenangan Desa dalam mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan masyarakat desa semakin ditegaskan, mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pemilihan Kepala Desa yang Lebih Demokratis: Penambahan Pasal 34A memungkinkan calon tunggal dalam pemilihan Kepala Desa, memperkuat aspek demokrasi dalam proses pemilihan.

Insentif RT/RW: Perubahan Pasal 74 memberikan landasan hukum untuk penganggaran insentif RT/RW, memberi pengakuan atas peran penting mereka dalam pemerintahan desa.

Peningkatan Kinerja Pemerintah Desa: Dengan dorongan dari Pasal 53A, pemerintah desa didorong untuk meningkatkan kompetensi dan akuntabilitas kinerja mereka, memastikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Perlindungan Hak Perangkat Desa: Pasal 50A menjamin perlindungan sosial dan tunjangan purnatugas bagi perangkat desa, menghargai kontribusi mereka dalam pembangunan desa.

Partisipasi Perempuan dalam BPD: Perubahan Pasal 56 memberikan ruang bagi keterwakilan perempuan sebesar 30% dalam keanggotaan BPD, mendorong inklusivitas dan representasi gender yang lebih baik.

Perpanjangan Masa Jabatan:

Perubahan masa jabatan Kepala Desa dan BPD menjadi 8 tahun, membantu mereka fokus membangun desa tanpa terganggu oleh agenda politik, memastikan kelangsungan pembangunan yang berkelanjutan.

Dari berbagai perubahan tersebut, diharapkan terwujudnya kesejahteraan dan kemajuan bagi seluruh pemerintahan desa dan masyarakat des. “Semoga perubahan ini memberikan manfaat yang besar bagi kepentingan bersama. Amiin.” Pungkas Agus

Tinggalkan Balasan