Beranda » Judul: “Cak Imin Angkat Isu Kritis: Revolusi Ketahanan Pangan dan Perjuangan Melibatkan Petani”

Judul: “Cak Imin Angkat Isu Kritis: Revolusi Ketahanan Pangan dan Perjuangan Melibatkan Petani”

abdul_muhaimin_iskandar_001424_big


Jakarta, KanalData.Com 2024 – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menyuarakan keprihatinan terhadap ketahanan pangan Indonesia dalam debat keempat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (21/1/2024) malam.
Cak Imin menyoroti keterbatasan irigasi air pertanian tanpa krisis iklim dan menyatakan bahwa pengadaan pangan nasional tidak melibatkan pelaku pertanian, melainkan lebih condong ke korporasi. Menurutnya, perlu ada perubahan signifikan dalam pendekatan ini.
“Dalam mengadakan pengadaan pangan nasional, petani tidak dilibatkan dan bahkan melibatkan korporasi. Ini yang harus kita ubah,” ujar Cak Imin. Dia juga menekankan potensi besar petani Indonesia dan perlunya reforma agraria untuk optimalisasi lahan pertanian.
Cak Imin juga mengkritisi kelangkaan pupuk yang tidak hanya merugikan petani tradisional tetapi juga petani besar. Dia menekankan pentingnya menjaga produksi pupuk dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Cak Imin membahas potensi pupuk organik sebagai faktor peningkatan produksi serta perlunya program perlindungan gagal tanam akibat perubahan iklim.
“Tidak boleh kita melakukan pembiaran penati kita, sehingga kita kekurangan pangan. Petani kita harus diberi kesempatan untuk mengisi kekurangan pangan itu,” tegas Cak Imin.
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung pandangan Cak Imin untuk mencapai ketahanan pangan yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

Tinggalkan Balasan