Beranda » Jokowi Pamer Peluncuran Satelit RI Terbesar di Asia

Jokowi Pamer Peluncuran Satelit RI Terbesar di Asia

Capture-25

Jakarta, KanalData.Com 2023 -Presiden Joko Widodo dengan bangganya mengumumkan Satelit Republik Indonesia 1 meluncur ke angkasa pukul 05:21 WIB atau hari Minggu pukul 18.21 waktu Florida, Amerika Serikat, dengan roket Falcon 9 milik SpaceX.

“Satelit ini menempati orbit 146°BT di atas Papua, SATRIA-1 untuk pemerataan infrastruktur digital di pusat layanan publik kita,” terang Jokowi di akun Twitter resminya, Senin (19/6/2023).

SATRIA-1 merupakan satelit multifungsi pertama milik pemerintah dengan kapasitas terbesar di Asia. Satelit ini akan menempati orbit 146° BT tepat di ataa Papua.

Sementara Falcon 9 adalah roket yang dikembangkan oleh Space X yang dapat digunakan berkali-kali, di mana roket pendorong akan ke kembali dan mendarat di bumi.

Sedangkan roket yang membawa Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) meneruskan perjalanan menuju orbit yang telah ditentukan.

Dari pemisahan dengan roket peluncur, SATRIA-1 memakan waktu kurang lebih 30 menit untuk dapat mencapai posisinya yang melaju dengan kecepatan 27.491 km/h.

Nantinya satelit ini juga akan dapat diremote dari terminal ground segmen mulai Januri 2024 mendatang.

Rencananya satelit SATRIA-1 ini sendiri akan mulai dapat beroperasi pada akhir atau tepatnya minggu ke 4 Desember 2023.@KanalData

Tinggalkan Balasan