Sab. Des 3rd, 2022

Medan,Kanaladata.Com 2022- rangka mempromosikan produk unggulan Sumatera Barat (Sumbar) di dalam maupun di luar daerah, Pemerintah Provinsi Sumbar melalui Dinas Koperasi dan UKM, menggelar Temu bisnis kerajinan unggulan Sumbar dengan pengusaha atau buyer di Karibia Boutique Hotel, Kota Medan, Selasa (15/11/2022).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Nazwir menyampaikan, bahwa kegiatan tahunan tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan pemasaran produk-produk unggulan Sumbar.
“Diantaranya komoditi unggulan di bidang industri tenun/ kerajinan dan produk makanan/kuliner. Industri tenun/kerajinan di Sumbar telah berkembang secara turun temurun. Desain yang unik dan kualitas produk yang sangat baik banyak diminati oleh buyer. Dalam pengolahannya menjadi suatu produk menggunakan seni yang tinggi dan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM),” kata Nazwir.

Wakil Ketua Dekranasda Sumbar, Ny Fitria Amalia Audy mengatakan Daekranasda Provinsi Sumbar bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM dan stakeholder terkait telah melakukan banyak pembinaan secara terpadu terhadap pelaku UMKM di kabupaten dan kota di Sumbar sebagai bentuk kolaborasi dalam memajukan industri kerajinan di Sumbar.

Progress dari pembinaan tersebut, menurut Fitria yang akrab disapa Bu Amel, itu sudah sangat baik sehingga sekarang ini telah berkembang kawasan sentra produksi kerajinan unggulan di beberapa nagari/desa di Sumatera Barat sebagai pusat tenun, songket, sulaman, bordir dan kerajinan lainnya dengan mutu yang sangat baik.
“Pembinaan melalui pelatihan-pelatihan juga telah dilakukan seperti pelatihan Achievment Motivation Training (AMT), peningkatan teknik bertenun, pengembangan motif dan tata warna, dan verifikasi produk berupa busana harian dan fashion,” ujar Amel.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat, Hilma Damanhuri Djalil mengatakan ” pada acara temu bisnis tersebut, menghasilkan 16 MoU antara pelaku UMKM Sumbar dengan buyer/pengusaha/ormas minang Sumut,”

Kegiatan itu merupakan sebagai sarana
promosi produk unggulan Sumbar di dalam maupun di luar daerah

“Selain bertransaksi secara langsung, banyak pesanan dari kegiatan temu bisnis dengan nilai ratusan juta rupiah,” kata Hilma

Selanjutnya,”Adapun produk yang paling diminati adalah mukena bordir, tenun silungkang, sulaman dan batik minang, Pungkas Hilma (KangHen)

(Visited 18 times, 1 visits today)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »