Beranda » Dengan AI, Bukti Baru Kiamat Dokter Semakin Nyata

Dengan AI, Bukti Baru Kiamat Dokter Semakin Nyata

090990

Jakarta, KanalData.Com 2023-Bidang ilmu komputer yang mempelajari bagaimana komputer dapat berpikir seperti manusia disebut kecerdasan buatan (AI). AI telah digunakan dalam banyak bidang, seperti medis. AI dapat meningkatkan perawatan kesehatan dalam berbagai cara, seperti:

Diagnosis: AI dapat membantu dokter mendiagnosis penyakit dengan lebih cepat dan akurat. Misalnya, AI dapat mendeteksi kanker atau penyakit lainnya pada gambar sinar-X atau scan CT.

Perawatan: AI dapat digunakan untuk mengembangkan perawatan baru yang lebih efisien dan efektif. Misalnya, AI dapat digunakan untuk membuat robot bedah yang dapat melakukan operasi dengan lebih akurasi dan presisi daripada manusia.

Penelitian: AI dapat mempercepat penelitian biomedis. Misalnya, dapat digunakan untuk menemukan pola yang tidak dapat dilihat oleh manusia dalam data uji klinis yang besar.

Startup teknologi kesehatan asal Inggris, Twinn Health, meluncurkan platform kecerdasan buatan (AI) yang dapat menganalisa pemindaian MRI untuk mendeteksi penyakit lebih awal.

Manajemen: AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi sistem perawatan kesehatan. Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengelola jadwal dokter, memesan pasokan, dan mengelola catatan pasien.

AI masih dalam tahap awal pengembangan, tetapi memiliki potensi untuk merevolusi perawatan kesehatan. Dengan terus berkembang, AI dapat membantu meningkatkan kualitas perawatan kesehatan, mengurangi biaya, dan membuat perawatan kesehatan lebih mudah diakses bagi semua orang.

Berikut adalah beberapa contoh spesifik bagaimana AI telah digunakan dalam kedokteran:

Pada tahun 2016, sebuah sistem AI yang dikembangkan oleh Google dapat mendeteksi kanker payudara dengan akurasi yang sama dengan dokter manusia.

Pada tahun 2017, sebuah robot bedah yang dikendalikan oleh AI berhasil melakukan operasi pengangkatan tumor otak pada manusia.

Pada tahun 2018, sebuah sistem AI yang dikembangkan oleh IBM dapat digunakan untuk menemukan obat baru untuk penyakit Alzheimer.

Pada tahun 2019, sebuah sistem AI yang dikembangkan oleh Amazon dapat digunakan untuk mengelola catatan pasien di rumah sakit lebih efisien.

Ini hanyalah beberapa contoh dari banyak cara AI telah digunakan dalam kedokteran. Seiring perkembangan AI, kita dapat mengharapkan untuk melihat lebih banyak aplikasi AI yang inovatif dan transformatif dalam perawatan kesehatan di masa depan.

Sebuah Perusahan Startup Twinn Health mendapat suntikan dana $500 juta dari modal ventura asal Arab Saudi, Aramco. Startup tersebut memiliki ambisi untuk membuat umur manusia lebih panjang dengan melakukan upaya preventif.

Teknologi MRI sendiri telah lama digunakan dalam industri kesehatan. Namun, AI dibutuhkan untuk meneliti lebih dalam soal hasil analisa MRI.

“Biasanya, saat Anda melakukan MRI, hasilnya hanya untuk satu diagnosis,” kata Pendiri dan CEO Twinn Health Wareed Alenaini, dalam sebuah wawancara dengan Longetivy Technology, dikutip dari Decrypt, Selasa (1/8/02023).

“Misalnya, Anda melakukan MRI, dokter melihat batu ginjal dan menulis laporan. Kemudian, hasil MRI diarsipkan dan tak diperiksa lagi,” Alenaini menambahkan.

Menurut dia, di situlah peran Twinn. AI digunakan untuk menggali informasi tambahan dari hasil MRI yang mungkin terlewatkan oleh dokter.

“Atau, mungkin bukan fokus utama dokter,” kata dia. 

Fokus utama Twinn adalah pada penyakit metabolik seperti trifecta diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Karena kondisi ini meningkatkan kerentanan pasien terhadap masalah kesehatan yang parah seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

“Kami menggunakan teknologi AI untuk mencegah penyakit kronis dengan mendeteksi skala risiko,” kata Alenaini.

Uji coba awal menunjukkan hasil yang menjanjikan, dengan tingkat akurasi 95% pada tahun 2021. Menurut Alenaini, model AI yang dipatenkan Twinn dapat meramalkan disfungsi metabolisme hingga setengah dekade sebelumnya.

Twinn Health adalah perusahaan startup teknologi kedokteran yang berfokus pada pengembangan solusi perawatan kesehatan yang menggunakan kecerdasan buatan (AI). Perusahaan ini didirikan pada tahun 2017 oleh Dr. David Liu dan Dr. Ryan Wang, dua dokter yang memiliki misi untuk menggunakan AI untuk meningkatkan akses dan kualitas perawatan kesehatan.

Solusi pertama Twinn Health adalah platform AI yang dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit dengan lebih cepat dan akurat. Platform ini menggunakan data dari berbagai sumber, termasuk catatan medis, hasil tes, dan riwayat kesehatan pasien, untuk membuat model yang dapat memprediksi kemungkinan penyakit. Platform ini telah terbukti dapat mendiagnosis penyakit dengan akurasi yang lebih tinggi daripada metode tradisional.

Solusi kedua Twinn Health adalah platform AI yang dapat digunakan untuk mengembangkan perawatan baru yang lebih efektif dan efisien. Platform ini menggunakan data dari berbagai sumber, termasuk literatur medis, penelitian, dan pengalaman klinis, untuk membuat model yang dapat menemukan perawatan baru untuk penyakit. Platform ini telah terbukti dapat menemukan perawatan baru yang lebih efektif dan efisien daripada metode tradisional.

Twinn Health adalah perusahaan startup yang menjanjikan yang memiliki potensi untuk mengubah cara perawatan kesehatan diberikan. Solusi AI perusahaan ini memiliki potensi untuk meningkatkan akses dan kualitas perawatan kesehatan bagi semua orang.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari solusi Twinn Health:

  • Lebih akurat daripada metode tradisional: Solusi AI Twinn Health telah terbukti dapat mendiagnosis penyakit dengan akurasi yang lebih tinggi daripada metode tradisional, seperti pemeriksaan fisik dan tes laboratorium.
  • Lebih efisien: Solusi AI Twinn Health dapat digunakan untuk memproses data dari berbagai sumber dengan cepat dan akurat, yang dapat menghemat waktu dan biaya bagi dokter dan pasien.
  • Lebih personal: Solusi AI Twinn Health dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu pasien, yang dapat meningkatkan efektivitas perawatan.
  • Lebih terjangkau: Solusi AI Twinn Health dapat diakses oleh lebih banyak orang, karena tidak memerlukan peralatan atau tenaga kerja yang mahal.

Solusi Twinn Health memiliki potensi untuk meningkatkan akses dan kualitas perawatan kesehatan bagi semua orang. Dengan terus berkembang, solusi ini dapat membantu membuat perawatan kesehatan lebih terjangkau, lebih akurat, lebih efisien, dan lebih personal.

Tinggalkan Balasan