Beranda » Artificial Intelligence (AI) Afiliasikan Implementasi Kurikulum Merdeka, Siswa Ber Karya Seni & Tulisan Bisa Di Modifikasi

Artificial Intelligence (AI) Afiliasikan Implementasi Kurikulum Merdeka, Siswa Ber Karya Seni & Tulisan Bisa Di Modifikasi

adobestock-79613465.jpg.rendition.intel.web.480.270

Artificial Intelligence (AI) Afiliasikan Implementasi Kurikulum Merdeka, Siswa Ber Karya Seni & Tulisan Pun Bisa Di Modifikasi

Jakarta, KanalData.COm 2023 -AI bisa memberikan penjelasan yang dibutuhkan baik oleh guru maupun siswa terkait materi pelajaran yang sedang dipelajari di kelas.

Di antaranya  sumber referensi terkait dengan topik mata pelajaran tertentu. 

AI juga bisa membantu guru dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait topik kurikulum merdeka, seperti materi pelajaran, metode pembelajaran, maupun pengembangan kurikulum.

Bagi guru, akan sangat membantu untuk memberikan kuis atau soal latihan bagi siswa terkait topik mata pelajaran tertentu. 

Terdapat beberapa hal yang harus dicermati guru dalam penggunaan AI bila hendak diafiliasikan dengan penerapan Kurikulum Merdeka.

1. Validitas informasi.

Meski AI dapat memberikan segala informasi yang dibutuhkan, tetapi sebagai guru tetap harus memastikan informasi yang disajikan tersebut valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

2. Ketergantungan.

Kemudahan yang ditawarkan  bisa saja membuat banyak orang bergantung padanya, termasuk juga guru dan peserta didik. 

Peran guru adalah meyakinkan diri dan peserta didik bahwa kehadiran AI tak lebih sebagai alat bantu pembelajaran serta bukan pengganti peran guru.

3. Kesesuaian dengan kebutuhan peserta didik.

Meskipun AI  bisa memberikan informasi dan solusi yang bervariasi, guru perlu membimbing peserta didik dalam memilih dan menggunakan fitur-fitur yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Penggunaan yang tepat. 

Guru perlu mengajarkan peserta didik untuk menggunakan ai dengan tepat dan etis, serta tidak menyalahgunakan atau menyalin informasi yang didapatkan secara tidak sah.

5. Pengawasan.

Guru perlu melakukan pengawasan  terhadap peserta didik, terutama dalam memeriksa keabsahan dan keaslian tugas atau karya.

Apakah tulisan serta karya seni yang dibuat peserta didik murni dari AI atau ada modifikasi yang dikembangkan oleh siswa.

Tinggalkan Balasan