Beranda » Angkat Pahala Mansury Jadi Wamenlu, Jokowi Ingin Genjot Ekonomi Indonesia di Level Dunia

Angkat Pahala Mansury Jadi Wamenlu, Jokowi Ingin Genjot Ekonomi Indonesia di Level Dunia

pahala masury
Angkat Pahala Mansury Jadi Wamenlu, Jokowi Ingin Genjot Ekonomi Indonesia di Level Dunia

Jakarta, KanalData.Com 2023 -Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Senin, 17 Juni 2023. Salah satu nama yang muncul yakni Pahala Nugraha Mansury atau biasa dikenal dengan Pahala Mansury.

Beliau tergeser dari posisi sebelumnya sebagai Wakil Menteri BUMN I menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Usai pelantikan, Pahala Mansury mengatakan, Jokowi punya misi untuk menggenjot hubungan Indonesia dengan negara lain di tingkat ekonomi, khususnya di sektor perdagangan dan investasi internasional.

“Karena memang kan tantangan ke depannya bahaimana meningkatkan hubungan perekonomian antara negara kita dengan negara-negara lainnya,” ujar Pahala Mansury di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Akan tetapi, ia masih menunggu arahan langsung dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait detil tugas utamanya sebagai Wamenlu.

Kendati begitu, Pahala percaya bekal pengalamanya di bidang korporasi bisa jadi modal untuk mengurusi diplomasi Indonesia dengan negara luar.

“Tapi ya karena pengalaman saya mungkin lebih banyak di bidang korporasi dan ekonomi, mungkin itu yang menjadi salah satu yang berpotensi menjadi pengembangan ke depannya,” imbuhnya.

Pesan Erick Thohir

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas Pahala Nugraha Mansury dari posisi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pahala ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menduduki jabatan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Erick Thohir juga melepas Nezar Patria yang sebelumnya menjabat sebagai staf khusus Menteri BUMN bidang komunikasi mendapatkan amanah menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Erick Thohir meminta kepada Pahala Mansury dan Nezar Patria dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Kedua Figur di Mata Erick Thohir

“Selamat kepada Bapak Pahala dan Bapak Nezar yang mendapatkan kepercayaan besar dari Bapak Presiden Jokowi. Semoga mampu menjalankan tugas dan amanah yang diemban,” ujar Erick di Jakarta, Senin (17/7/2023).

Erick optimistis kedua figur tersebut akan membawa dampak yang positif bagi Kemenlu dan Kemenkominfo. Erick mengatakan Pahala dan Nezar punya peranan penting dalam keberhasilan transformasi Kementerian BUMN.

“Tentu saya berterima kasih kepada Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi yang telah mempercayai Bapak Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri sehingga kita dapat mendorong kolaborasi pemenuhan kebutuhan pasokan sumber daya untuk memperkuat percepatan pembangungan ekosistem EV Battery, ketahanan energi dan industri pangan yang amat kita perlukan,” ucap Erick.

“Saya juga berterima kasih kepada Presiden Bapak Joko Widodo yang telah mempercayai Bapak Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika di bawah bimbingan Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Budi Arie Setiadi untuk yang akan terus mensinkronisasi kebijakan ekonomi digital,” lanjit Erick.

Wamen Kominfo

Erick menyampaikan penunjukkan Pahala dan Nezar sebagai Wamenlu dan Wamen Kominfo menjadi bukti kepercayaan Jokowi atas talenta Kementerian BUMN. Selain Pahala dan Nezar, Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono Harbuwono yang saat ini menjabat sebagai Menteri dan Wakil Menteri Kesehatan serta, Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional adalah bagian dari Keluarga Besar Kementerian BUMN.

Erick menyampaikan perbaikan BUMN memerlukan sinergitas dan kolaborasi dengan kementerian, lembaga, swasta, dan juga masyarakat.

Erick mengatakan hal ini merupakan apresiasi dan juga motivasi bagi insan Kementerian BUMN untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi negara.IT@KanalData

Tinggalkan Balasan