Beranda » Aksi Nyata Jaga Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 Oleh DLH Kabupaten Bogor

Aksi Nyata Jaga Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 Oleh DLH Kabupaten Bogor

image_750x_64890968053c7

Jakarta, Kanaldata.Com 2023 -Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, DLH Kabupaten Bogor Gelar Aksi Jaga Lingkungan

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor menggelar berbagai aksi menjaga lingkungan, dan mengajak masyarakat untuk mencegah ancaman serius terhadap lingkungan.

Berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2023 tersebut, dilaksanakan DLH Kabupaten Bogor sebagai langkah untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan Bumi Tegar Beriman.

Ancaman Sampah Plastik
Kepala DLH Kabupaten Bogor, Ade Yana Mulyana menyebutkan, ancaman serius yang membahayakan lingkungan di Kabupaten Bogor salah satunya, polusi sampah plastik.

Pasalnya, dalam 1 hari saja, sampah plastik yang dihasilkan dapat mencapai ribuan kilogram yang terbuang di TPA.

“Maka dari itu diperlukan langkah-langkah terbaik dan juga tindakan kolektif yang berkelanjutan. Setiap langkah kecil dalam proses meminimalisir penggunaan plastik di kehidupan kita saat ini akan berdampak besar,” sebut mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Selasa, 13 Juni 2023.

Aksi bersih-bersih Sungai Cileungsi, DLH Kabupaten Bogor bekerja sama dengan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Sabtu, 10 Juni 2023.

Bersih-bersih Sungai Cileungsi
Diungkapkannya, belum lama ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2023, yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2023, DLH Kabupaten Bogor bekerja sama dengan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menggelar aksi Ber-AKSI (Bersih – Bersih Perairan dan Kelola Sampah Bersama Indocement), yang berlangsung di Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor, Sabtu, 10 Juni 2023.

“Sungai Cileungsi ini selain sering sekali tercemar limbah domestik yang berasal dari kegiatan usaha, Sungai Cileungsi juga menjadi tempat pembuangan sampah dari oknum-oknum yang memiliki kesadaran peduli lingkungan yang sangat rendah,” ungkap Kepala DLH Kabupaten Bogor.

Disebutkannya, dalam kegiatan yang melibatkan para relawan lingkungan tersebut, berhasil terkumpul 370 Kilogram sampah organik dan hampir 1 ton sampah organik hanya dalam sekali kegiatan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan menjaga lingkungan itu. Karena itu, kami memberikan penghargaan kepada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, yang telah mengikuti program Coastal Clean Up pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023,” sebut Ade.

Uji Emisi Akbar
Selain itu, sebelumnya tepat pada Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2023, yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2023 lalu, DLH Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara dalam kegiatan Uji Emisi Akbar Tahun 2023.

Uji emisi tersebut dilaksanakan di beberapa tempat di daerah penyanggah Kota DKI Jakarta. Uji emisi ini juga menjadi serangkaian acara dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2023.

“Diharapkan dengan adanya uji emisi itu,  kesadaran masyarakat akan kualitas udara dari gas buang kendaraan bisa meningkatkan. Selain menjaga kesehatan, kita pun juga menjaga kelestarian lingkungan sekitar,” jelasnya.

Kepala DLH Kabupaten Bogor, Ade Mulyana Yana saat memimpin penanaman 1.000 bibit pohon di bantaran Sungai Citiis Kecamatan Tamansari, dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor Ke-541 Tahun.

Penanaman 1.000 Bibit Pohon
Lebih lanjut dikatakan Kepala DLH Kabupaten Bogor, dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor Ke-541 Tahun, DLH Kabupaten Bogor juga berkolaborasi dengan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Forkopicam Tamansari, Kepala Desa Se – Kecamatan Tamansari, Satgas Lingkungan Hidup dan pelajar Nurul Fikri Boarding School Bogor melaksanakan penanaman 1.000 bibit pohon di bantaran Sungai Citiis Kecamatan Tamansari.

“Dengan adanya kegiatan menanam pohon ini diharapkan dapat memotivasi seluruh warga khususnya di Kabupaten Bogor agar peduli terhadap lingkungan dan meningkatkan kesadaran akan kelestarian alam,” tandasnya. 

Tinggalkan Balasan