Beranda » Google Cloud hadirkan kursus gratis AI generatif di Indonesia

Google Cloud hadirkan kursus gratis AI generatif di Indonesia

WhatsApp-Image-2023-06-08-at-17.42.41.jpeg

Jakarta, KanalData 2923 – Google Cloud, salah satu divisi dari Google, mengumumkan secara khusus adanya kursus gratis bernama “Cloud Skills Boost Program” untuk mengenal dan mempelajari Generative Artificial Intelligence (AI) atau AI generatif yang bisa diikuti oleh masyarakat umum di Indonesia.

Adapun AI generatif merupakan kecerdasan buatan yang dapat menciptakan data yang sangat luas seperti teks, gambar, video, audio, bahkan model tiga dimensi.

“Kami dari Google Cloud menyediakan kursus generative AI baru tanpa dikenakan biaya jadi gratis. Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk memulai perjalanan baru dengan generative AI dan juga bisa diikuti untuk mereka yang punya keterampilan lebih tinggi untuk mengenal AI ini,” ujar Regional Director Google Cloud di Indonesia dan Malaysia Megawaty Khie dalam acara Google Cloud Summit 2023 di Jakarta, Kamis.

Ada lebih dari tujuh kursus yang dihadirkan dan nantinya fasilitas ini akan membantu peserta kursus untuk memahami perbedaan antara AI generatif dan jenis AI lainnya, cara menyesuaikan model AI generatif siap pakai (pre-trained) untuk digunakan pada aplikasi, cara memanfaatkan AI secara bertanggung jawab, dan banyak lagi.

Setelah memperoleh keterampilan dasar AI generatif, peserta kursus dapat mengambil kursus machine learning (ML) dan data science lainnya sehingga menambah keterampilannya dalam bidang kecerdasan buatan.

Dalam program ini terdapat pula sertifikasi IT yang telah diakui industri. Masyarakat Indonesia kini dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun dan menunjukkan keahlian mereka di bidang AI cloud yang memang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Pendaftaran kursus tersebut dapat diikuti melalui situs web
https://www.cloudskillsboost.google/paths/118 dan pengguna bisa masuk menggunakan akun Google-nya.

Penggunaan AI generatif saat ini tengah berkembang pesat tidak hanya untuk masyarakat umum tapi juga di dalam bisnis.

Harapannya dengan adanya pelatihan mengasah keterampilan AI generatif maka talenta digital di Indonesia bisa memenuhi kebutuhan industri usai mendapatkan ilmu baru tersebut.

Adapun kebutuhan talenta digital di Indonesia berdasarkan penelitian Bank Dunia dan McKinsey selama kurun waktu 2015-2030 mencapai sembilan juta talenta digital atau sekitar 600.000 orang setiap tahun.

Apabila hal itu tercipta harapannya Indonesia bisa optimal mencapai pertumbuhan ekonomi digital dengan proyeksi capaian Rp4.531 triliun di 2030.

Tinggalkan Balasan