Sab. Des 3rd, 2022

Madiun, kanaldata.Com 2022 –Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Utama Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dalam acara puncak peringatan satu abad perguruan pencak silat tersebut di Gedung Graha Krida Budaya Padepokan PSHT, Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat.

Prosesi pengukuhan oleh Ketua Umum PSHT R. Moerdjoko H.W. dan Ketua Dewan Pusat PSHT Issoebiantoro dengan mengenakan sakral kepada perwira tinggi TNI AD tersebut.

“PSHT bukan hanya organisasi, melainkan juga budaya. PSHT merupakan way of living untuk melatih diri menjadi jiwa yang sehat,” kata Jenderal TNI Andika Perkasa di Madiun.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh warga PSHT agar dapat menyalurkan kemampuannya sebagai modal membangun bangsa, bukan sebagai ajang pamer kekuatan yang berujung pada tindak kekerasan dan bentrok.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal TNI Andika Perkasa juga menandatangani peresmian monumen satu abad PSHT Emas dan memukul gong monumen satu abad PSHT di lokasi yang sama. Orang nomor satu di lingkungan TNI AD itu pun memberikan apresiasi terhadap PSHT.

Ketua Umum PSHT Moerdjoko menjelaskan bahwa keberadaan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Warga Kehormatan akan menjadi motivasi tersendiri bagi PSHT.

Sementara, peringatan satu abad Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) diwarnai dengan berbagai kegiatan menarik. Dalam kegiatan tersebut ditampilkan pertunjukan seni pencak silat kolosal yang dilakukan oleh warga PSHT dari berbagai usia.

Penampilan seni bela diri itu juga makin indah saat digabungkan dengan kesenian tradisional, seperti reog dan jatilan. Selain itu, ada penampilan seni Tari Bedoyo Terate Emas yang tak kalah menarik perhatian.

Dalam kegiatan tersebut juga ada acara penyerahan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) kepada pengurus PSHT atas capaian pelaksanaan doa keselamatan serentak secara hybrid dengan jumlah peserta terbanyak, yakni 157.093 peserta di 1.540 tempat pada tanggal 1 September 2022.

Selain itu, juga pelaksanaan kolosal pencak silat serentak secara hybrid dengan jumlah peserta 157.093 orang di 1.540 tempat, serta penghargaan kepada PSHT sebagai organisasi pencak silat terbesar di Indonesia.

Selain Jenderal TNI Andika Perkasa, pelaksanaan upacara satu abad PSHT juga dihadiri sejumlah tokoh nasional lain, di antaranya Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, anggota DPR RI Eddie Baskoro Yudhoyono, serta Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak. Kegiatan juga dihadiri Wali Kota Madiun Maidi, Bupati Madiun Ahmad Dawami, Forkopimda Kota dan Kabupaten Madiun, dan ribuan warga PSHT dari berbagai daerah.(Kang H)

Sumber ; Antara

(Visited 1 times, 1 visits today)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »