Sel. Nov 29th, 2022

BSD, Kanal Data –Sinar Mas Land melakukan terobosan dalam misinya mengubah BSD menjadi kota pintar terintegrasi (integrated smart city). Lewat kerja sama dengan Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land meluncurkan kendaraan listrik otonom pertama di Indonesia bernama Navya Autonom Shuttle.

Meski tampak mungil, Navya dilengkapi sejumlah fitur canggih. Mulai baterai berkapasitas sembilan jam, Global Navigation Satellite Systems (GNSS), sensor LIDAR (Light Radar), serta kemampuan untuk mendeteksi, melacak, dan mengklasifikasikan rintangan di sekitar secara real time.

Fitur-fitur itu memungkinkan Navya untuk dapat menentukan kemudi, arah lintasan, kecepatan, akselerasi, serta pengereman otomatis secara optimal.

Navya melewati uji coba tahap pertama di QBig BSD City pada 21 Mei 2022 hingga 12 Agustus 2022. Sementara uji coba kedua di kawasan BSD Green Office Park dilaksanakan pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023.

Mobil Navya dapat ditumpangi secara gratis, setiap Selasa-Minggu pukul 10.00-12.00 WIB dan 13.30-17.00 WIB.

Bagi yang berminat untuk
mencoba, harus mendaftarkan diri dan mengisi survei terlebih dahulu melalui aplikasi OneSmile. Khusus peserta anak-anak, wajib memiliki tinggi badan minimal 120 centimeter (cm) dan didampingi orang tua.
Kehadiran Navya diapresiasi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Kehadiran autonomous electric vehicle (kendaraan listrik otonom) menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon, mengurangi kemacetan, dan tepat waktu,” katanya saat uji coba Navya di QBig BSD City, Jumat (20/5/2022).

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menambahkan, riset dan pengembangan menjadi agenda penting bagi Sinar Mas Land dalam mentransformasikan BSD menjadi smart city. “Untuk menjadi kota pintar yang terdepan, kami menyiapkan BSD City untuk tanggap terhadap beragam alternatif solusi kehidupan masyarakat di masa depan,” ujarnya. (Kang H)

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »